Pages

Sejarah Singkat Jet li, Aktor Kungfu Legendaris



Siapa yang tak kenal master Wong Fei Hung? Seorang tabib china yang juga jago kungfu. Kisah Wong Fei Hung diangkat ke layer lebar melalui Once Upon a Time in China. Dan saat itu Jet Li lah yang berperan sebagai legenda bangsa China itu. Peran Jet Li sebagai mater Wong benar-benar begitu hidup dan melekat.

Jet Li (lahir di Beijing, Cina, 26 April 1963; umur 46 tahun) merupakan seorang aktor berkewarganegaraan Amerika Serikat kelahiran Beijing, RRC yang hobinya bermain wushu. Dia dilahirkan di Beijing. Dia mulai berkarir di dunia film sejak tahun 1982. Jet Li adalah 1 dari sekian banyak aktor yang tak pernah mengenyam pendidikan formal dalam bidang akting.

Jet Li mulai mempelajari ilmu bela diri ini sejak ia berumur 8 tahun. Banyak sudah medali yang ia peroleh dari menjadi atlet wushu ini.

Saat terjadi booming film-film kung fu di China sekitar tahun 80-an, daya tarik dunia peran ini mempesona Jet Li yang belum juga berusia 20 tahun. Jet Li terjun ke dunia film dalam film pertamanya SHAOLIN TEMPLE.

Aktor yang sempat ngetop lewat sekuel film ONCE UPON A TIME IN CHINA ini mendapat julukan 'Jet' karena gerakannya yang cepat dan karena orang Filipina yang merasa kesulitan mengucapkan nama asli Jet Li.

Karir Jet Li rupanya tak berhenti sampai di Hong Kong saja. Jet Li setuju untuk memerankan tokoh jahat dalam film LETHAL WEAPON 4 karena sang sutradara berjanji akan menempatkan Jet Li sebagai pemeran utama pada film selanjutnya. Dan itu jadi kenyataan saat Jet Li membintangi film ROMEO MUST DIE di tahun 2000 lalu.

Permainan Jet Li dalam film DANNY THE DOG sempat mengejutkan beberapa penggemarnya karena tak biasanya Jet Li memerankan tokoh seperti itu.

Dalam kehidupan pribadinya, Li menikah dengan Huang Quiyan, atlet wushu yang juga pemain KIDS FROM SHAOLIN pada 1987, sayangnya mereka akhirnya bercerau pada 1990. Ia kemudian menikah dengan aktris Nina Li Chi, dikaruniai dua anak, Jane (2000) dan Jada (2002).

Aktor yang sempat menolak peran dalam film CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON lantaran sudah berjanji pada istrinya tak akan main film selama istrinya hamil ini berencana segera mengakhiri karirnya dalam film-film kung fu dan berkonsentrasi pada genre film lain. Salah satu yang masuk dalam rencananya adalah pembuatan film dokumenter tentang Buddhism.

Bintang FEARLESS ini berusaha mengurangi kegiatannya di dunia entertainment dikarenakan ia lebih banyak konsentrasi pada kegiatan sosialnya. Sejak mengalami musibah akibat tsunami pada 2004 lalu, ia mendirikan organisasi kemanusiaan, One Fondation pada Januari 2005. Konsepnya adalah, setiap orang menyumbang satu dolar setiap bulannya. Dengan cara ini, diharapkan ia dapat mengajak lebih banyak orang untuk membantu sesamanya.


Masuk di tahun 2007, Jet Li kembali bermain film meski tidak sebanyak sebelumnya, paling tidak setahun ia bermain dua film. THE WARLORDS dan WAR adalah filmnya di 2007 dan di 2008 disusul dengan THE FORBIDDEN KINGDOM dan THE MUMMY: TOMB OF THE DRAGON EMPEROR, serta THE FOUNDING OF A REPUBLIC pada 2009.

Li yang menjadi warga negara Amerika, akhirnya memutuskan untuk berpindah kewarganegaraan. Alasan Li memilih Singapura, karena ia menilai negara ini memiliki sistem pendidikan yang bagus untuk kedua putrinya. Tepatnya pada 28 Juli 2009, diumumkan Li telah menjadi warga negara Singapura.

Memasuki 2010, JET bermain di film THE EXPENDABLES bersama Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, Jason Statham, Dolph Lundgren, dan Mickey Rourke serta akan tampil di OCEAN PARADISE.