Pages

12 misteri alam terpopuler & terspektakuler sepanjang sejarah

1. Si Merah dari Antartika
Jika mendengar kata air terjun pasti kita akan membayangkan suatu tempat yang sejuk, banyak c
ipratan air yang indah. Tapi bagaimana kalau mendengar kata air terjun darah? Pasti ngeri sekali. Air terjun darah benar-benar ada di Antartika, daratan yang dilapisi oleh es. Air terjun tersebut mengalirkan air yang berwarna merah secara terus-menerus. Saat pertama kali ditemukan oleh seorang ahli geologi pada tahun 1911, warna merah yang mengalir secara perlahan-lahan tersebut diperkirakan berasal dari ganggang merah. Agapan lain menyebutkan warna merah berasal dari gletser yang terkurung di bawah aliran air selama jutaan tahun dan mengandung mikroba-mikroba kuno yang terisolasi di bawah lapisan es yang sangat tebal, karena tidak ada cahaya, panas dan oksigen sehingga mengalami salinitas yang tinggi dan mengandung zat besi, dari zat besi itulah warna merah dihasilkan. Dengan adanya celah gletser, air keluar membentuk air terjun tanpa mencemari ekosistem di
dalamnya.


2. Kerajaan yang Hilang
Dua buah catatan dialog Plato (427-347 SM) yakni buku Critias dan Timaeus menguraikan kisah tentang sebuah kerajaan yang dikelilingi oleh tembok emas dan dipagari oleh dinding perak. Atlantis, begitu disebutnya, memiliki peradaban yang memukau. Di sana sudah terdapat pelabuhan dan kapal dengan perlengkapan yang sempurna, juga ada benda yang bisa membawa orang-orang terbang. Suatu saat ketika Atlantis baru akan melancarkan perang dengan Athena, tiba-tiba terjadi gempa dan banjir, tidak sampai sehari semalam Atlantis tenggelam tanpa bekas di dasar laut. Kerajaan besar yang memiliki peradaban tinggi itu pun lenyap dalam semalam.
Penyelidikan arkeolog menurut versi Plato, waku tenggelamnya Atlantis kurang lebih 11.150 tahun silam. Plato mengatakan bahwa kerajaan Atlantis diceritakan turun-temurun, bukan rekaan sendiri. Sejak ribuan tahun silam orang-orang menaruh minat yang sangat besar terhadap hal ini. Sejak tahun 1960-an sampai abad ke-20, laut bermuda yang terletak di bagian barat Samudera Atlantik berturut-turut diketemukan keajaiban yang menggemparkan dunia. Pada tahun 1968, beberapa penyelam melihat sebuah jalan besar yang dibangun menggunakan batu persegi panjang yang disusun sangat rapi. Tahun 1979, ilmuan Amerika dan Perancis menemukan piramida di dasar laut bermuda. Diperkirakan bangunan-bangunan bawah laut tersebut adalah sisa-sisa kerajaan Atlantis yang telah tenggelam.


3. Garis-garis Misterius
Garis Nazca (Nazca Lines) adalah garis-garis yang membentuk suatu bentuk gambar yang terletak di daerah gurun. Garis-garis Nazca akan terlihat jelas gambarnya jika dilihat dari langit karena garis-garis ini sangat besar. Nazca Lines diperkirakan dibuat antara 700 SM sampai 200 SM. Ratusan garis gurun Nazca membentu aneka gambar seperti monyet, ikan, laba-laba, burung dan kadal.
Pertanyaannya adalah bagaimana cara pembuatannya? Bisakah di peradaban kuno membuat sketsa yang sangat besar tanpa bantuan dari udara?. Menurut teori Joe Nickell, garis tersebut dapat dibuat dengan cara menyingkirkan kerikil-kerikil disekitar gurun. Dengan perhitungan yang akurat, saat kerikil dipindahkan, lapisan tanah yang berwarna kontras akan memberi kesan garis yang membentuk gambar. Pada tahun 1985, Johan Reihard menyatakan bahwa Nazca Lines dibuat untuk keperluan ritual keagamaan yang berhubungan dengan penyembahan dewa.

4. Lubang Api
Asal mula lubang api di Uzbekistan berawal sekitar 35 tahun lalu ketika seorang ahli geologis menggali tempat tersebut untuk mencari gas alam. Mereka menemukan satu jurang besar di bawah tanah. Peralatan penggalian pun ikut masuk ke dalam jurang yang ternyata dipenuhi gas beracun. Untuk mencegah penyebaran gas beracun, mereka menyalakan api. Akhirnya lubang dipenuhi api dan anehnya sampai sekarang api tersebut masih sangat terlihat terutama saat matahari tenggelam.


5. Benda terbang tak teridentifikasi
UFO adalah akronim dari Unidentified Flying Object atau dengan kata lain benda terbang yang tidak bisa di identifikasikan oleh pengamat. Benda terbang itu kebanyakan berbentuk menyerupai piring dan memiliki kecepatan terbang yang tinggi, bisa menempuh ratusan kilometer per jam. Penampakan UFO sudah menjadi topik paling hangat dibicarakan diseluruh dunia. Pada tahun 1951 di Texas, para profesor beserta mahasiswa melihat formasi cahaya aneh sedang melintas. Begitu seterusnya muncul kisah penampakan UFO di seluruh dunia termasuk Indonesia. 10 februari 1953, penduduk kota Magelang melihat empat buah benda kecil mengkilap yang bergerak perlahan-lahan hingga menghilang di balik awan. Pada tahun 1973, wisatawan Jepang, Ryo Terumoto yang sedang berkunjung ke gunung Agung Bali tidak sengaja memotret benda berbentuk cakram tersebut. Penampakan pun terjadi di kediaman salah satu maestro seni Indonesia, Guruh Soekaro Putra. Pada tanggal 23 Mei 1981, penjaga rumah
melihat makhluk setinggi 1,2 meter yang kemudian menghilang bersamaan dengan munculnya benda bercahaya. Paginya dau disekitar penampakan UFO menjadi berwarna coklat seperti tersengat hawa papas.


6. Motif unik misterius
Crop Circle adalah suatu bentuk lingkaran dan bentuk-bentuk lain seperti geometri denga ukuran besar/ luas di ladang pertanian khususnya gandum. Ada juga yang berbentuk menyerupai kalajengking, bunga matahari, lebah, dll. Di Inggris, Canada, Amerika, Australia dan Jepang banyak ditemukan fenomena Crop Circle. Biasanya fenomena ini muncul di musim panas saat ladang pertanian ditumbuhi dengan tanaman. Bentuk geometri itu kadang berupa lingkaran-lingkaran atau bisa juga berbentuk rangkaian gambar yang unik, menunjukkan bahwa pembuatnya adalah makhluk yang cerdas. Banyak yang mengaitkan Corp Circle dengan kemunculan UFO. Sebuah Video yang berhasil merekam proses terjadinya Crop Circle menunjukkan bahwa Corp Circle terbentuk hanya dalam waktu 20 detik saja, padahal besarnya mencapai puluhan meter.


7. Lubang Biru
Great Blue Hole atau lubang biru terletak di timur daratan Belize (Amerika). Karena terletak di dekat daratan, maka air di pesisir terbuang kedalam Great Blue Hole. Bentuknya bulat dan berdiameter lebih dari 305 meter, sedangkan kedalamannya mencapai 146 meter. Lubang Biru ini merupakan hasil runtuhan berulang-ulang dari suatu sistem gua batu kapur yang terbentuk pada saat permukaan laut yang lebih rendah ketika terjadinya zaman es berjuta tahun lalu.
Pada tahun 1971, Jasquer Yves ( Penyelam terbaik dari 4 situs penyelam di Bumi) menyelam kedalam lubang untuk mengukur kedalamannya dan memeriksa stalakmit dari dinding yang menggantung. Keindahan dari lubang biru yaitu kedalamannya menciptakan warna nila yang menyebabkan struktur yang diberi nama lubang biru. Selain itu juga terdapat banyak ikan seperti Angel Fish, Butter Flyfish, ikan hamnlpis dan ikan kerapu kecil yang menyapu permukaan air ketika tenang sehingga menyebabkan berkilauan ketika diterangi matahari membuat keindahan yang luar biasa.


8. Segitiga unik
Segitiga bermuda disebut juga segitiga setan yang terletak di samudra atlantik seluas 1,5 juta mil persegi atau 4 juta kilometer persegi dan membentuk garis segitiga antara bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik disebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik disebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik disebelah barat. Segitiga bermuda sangat misterius karena banyak kapal-kapal yang hilang saat melintasi kawasan tersebut. Menurut teori Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat pada tahun 1981, hilangnya pesawat terbang dan kapal laut karena dikawasan tersebut banyak terdapat gas methana. Ada yang megatakan bahwa segitiga bermuda adalah pangkalan UFO, sehingga kendaraan apapun yang melintas teritorial tersebut akan diculik dan terhisap. Ada pula yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di Bumi yang tertanam di bawah segitiga bermuda,
sehingga logam berton-ton pun dapat tertarik ke dalam.

Meskipun banyak teori, namun tidak ada yang memuaskan sebab munculnya tambahan seperti benda asing bersinar yang mengelilingi pesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus dan pesawat menghilang.


9. Bangunan Megah Termisterius
Piramida Mesir adalah sebutan untuk piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai negeri piramida. Bangunan megah itu umumnya digunakan sebagai makam raja-raja mesir kuno. Namun demikian, berabad-abad lalu piramida sering digunakan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa kekayaan dan segala macam artefaknya. Piramida tidak dibuat sembarangan sehingga batu-batu besar itu bisa tersusun dengan rapi dan kokoh tanpa bahan perekat. Sebuah pertanyaan besar tentang siapa pembuat piramida itu dan bagaimana mungkin batu-batu itu bisa disusun hingga menjulang tinggi tanpa bahan-bahan perekat. Agaknya pertanyaan itu masih belum menemukan jawabannya.


10. Hujan Aneh
Tidak ada yang menyangka, pada 25 Juli 2001 hujan yang seharusnya putih itu berubah. Negara bagian Kerala di India diguyur hujan aneh berwarna merah hingga september 2001. Lebih dari 500.000 meter kubik air berwarna merah tercurah ke Bumi. Awalnya ilmuan mengira warna merah itu dihasilkan oleh pasir gurun namun setelah diteliti lebih lanjut ternyata unsur merah di dalan air hujan tersebut adalah sel hidup yang bukan berasal dari bumi. Komposisi sel tersebut terdiri dari 50% karbon, 45% oksigen dan 5% unsur lain seperti besi dan sodium, sel tersebut juga membelah diri. Karena partikel merah tersebut adalah sel hidup, maka banyak yang mengajukan teori. Teori pertama menyebutkan bahwa batu meteor yang meledak di udara telah membantai sekelompok kelelawar di udara namun teori ini dibantahkan karena tidak disertai bukti-bukti yang mendukung seperti kelelawar yang berjatuhan dari langit. Dengan menghubungkan antara suara ledakan dan cahaya yang mendahului
hujan darah, Louis mengemukakan teori bahwa sel-sel merah tersebut adalah makhluk ekstra terestrial.


11. Petir Abadi
Sebuah fenomena alam yang unik yakni petir abadi, terjadi di Catatumbo di danau Maracarbo. Fenomena ini berupa awan petir yang membentuk sebuah garis kilat sepanjang 5 kilometer setiap 140-160 malam dalam setahun, 10 jam tiap malam dan lebih dari 280 kali dalam 1 jam. Ini hampir bisa disebut badai permanen. Menurut penelitian, petir ini terjadi karena tumbukan angin yang berasal dari pegunungan Andes. Petir ini juga dijadikan sebagai navigasi oleh para pelaut.


12. Jeritan Misterius
Sebuah lubang besar di Siberia dibuat dengan tujuan untuk kepentingan penelitian. Ketika melakukan penggalian, tiba-tiba mesin bor berputar dengan cepat ketika telah mencapai ruang kosong yang besar di perut bumi. Sensor temperatur menunjukkan kenaikan sangat dramatis. Sebuah microphone supersensitif dimasukkan ke dalam lubang dengan tujuan untuk mendengarkan pergerakan lempeng bumi. Tapi sebaliknya, yang terdengar adalah suara jeritan-jeritan manusia.

Tarian-tarian Kematian


Dari judulnya kita dapat menebak, bahwa tarian yang menyebabkan kematian atau tarian yang berhubungan dengan kematian. Beberapa kasus dengan motivasi yang berbeda dari tarian yang di lakukan. Di antaranya :
 
I. Putri Yefta
Cerita tentang Putri Yefta yang pertama kali keluar menyambut ayahnya yang pulang dari medan Perang dengan kemenangan bagi Orang Israel. Dengan menari – nari dan memukul rebana, tanpa di ketahui oleh putrinya, sang ayah telah bersumpah bahwa siapa yang pertama kali keluar menyambutnya dari pintu rumahnya, akan di korbankan bagi Allah (Hakim – Hakim 11:31).

Motivasi Putri Yefta adalah baik, untuk menyambut Ayahnya dari Medan Perang. Tetapi akhirnya berujung dengan kematian dan pengorbanan sang Putri Tunggal untuk sumpah Ayah handa. Anak Yefta ini adalah anak satu – satunya dan dia tidak memiliki saudara lain. Sepintas kita bisa bayangkan, bagaimana kehilangan anak satu-satunya untuk sumpah kita sendiri kepada Tuhan. Yefta adalah seorang berjiwa besar dan berani melakukan apa yang sudah menjadi tanggung jawab atas sumpah yang telah di katakan. Tidak banyak orang seperti Yefta di zaman sekarang, yang berani menepati janjinya. Meskipun janji itu adalah pengorbanan nyawa sang anak kepada Allah. Mirip seperti cerita Abraham, Cuman Abraham tanpa ragu karena imannya dia percaya bahwa Allah akan memberikan anak lagi, sebab Allah telah berjanji membuat keturunannya menjadi bangsa yang besar.

Kembali ke cerita Yefta, setelah Putri Yefta mengetahui bahwa ayahnya telah bernazar demikian. Maka dia pun dengan rela menyerahkan Nyawanya (Hakim-hakim 11:36-40):
11:36 Tetapi jawabnya kepadanya: "Bapa, jika engkau telah membuka mulutmu bernazar kepada TUHAN, maka perbuatlah kepadaku sesuai dengan nazar yang kauucapkan itu, karena TUHAN telah mengadakan bagimu pembalasan terhadap musuhmu, yakni bani Amon itu."
11:37 Lagi katanya kepada ayahnya: "Hanya izinkanlah aku melakukan hal ini: berilah keluasan kepadaku dua bulan lamanya, supaya aku pergi mengembara ke pegunungan dan menangisi kegadisanku bersama-sama dengan teman-temanku."
11:38 Jawab Yefta: "Pergilah," dan ia membiarkan dia pergi dua bulan lamanya. Maka pergilah gadis itu bersama-sama dengan teman-temannya menangisi kegadisannya di pegunungan.
11:39 Setelah lewat kedua bulan itu, kembalilah ia kepada ayahnya, dan ayahnya melakukan kepadanya apa yang telah dinazarkannya itu; jadi gadis itu tidak pernah kenal laki-laki. Dan telah menjadi adat di Israel,
11:40 bahwa dari tahun ke tahun anak-anak perempuan orang Israel selama empat hari setahun meratapi anak perempuan Yefta, orang Gilead itu.


Ilustrasi dimana Putri Yefta di Korbankan. Jangan salah dan bukan bersifat sadis, sebab nampan di depan biasanya untuk menampung darah Hewan Korban. Karena Sumpah Yefta, maka darah Putrinya sebagai darah Korban ini. Ini adalah tata cara dalam kaabah Allah di mana imam - imam mempersembahkan korban bakaran kepada Allah.


Yang menarik dari cerita ini adalah: tokoh – tokoh di atas menyelesaikan masalah dengan tetap benar di hadapan Allah. Tidak ada yang salah dari tindakan mereka di mata Allah.
Dari cerita Yefta ini kita dapat menarik suatu point penting adalah:
Jangan terlalu berani mengambil suatu sumpah, seperti yang di ajarkan tuhan Yesus;” jika ya, hendaklah kau mengtakan ya dan tidak jika memang tidak.” Sebab kita bahkan tidak berkuasa terhadap segala sesuatu di muka bumi ini.

II. Menari Untuk Mendapatkan Hadiah

Ini adalah salah satu motivasi yang sudah umum, melakukan sesuatu untuk mendapatkan balasannya. Cerita tetapi Penari ini bukan meminta hadiah sembarangan, sebab yang dia minta sebagai hadiahnya adalah kepala orang. Orang yang di minta kepalanya sebagai hadiah adalah Yohanes Pembaptis. Cerita ini terdapat dalam Matius 14:1-12.

Yohaes menegur Herodes bahwa tidak pantas dia mengambil Herodias, Istri saudaranya Filipus. Tetapi pada ulang tahun Herodes menarilah Putri Herodias atau keponakannya. Setalah menari Putri Herodias kepada pamannya, pamannya atau Herodes mengatakan “apapun yang kau minta akan ku kabulkan, bahkan setengah dari kerajaan ini pun akan ku berikan.

dan dengan hasutan sang ibunya, akhirnya keponakannya meminta kepala Yohanes Pembaptis

Cerita kedua ini penuh dengan akal bulus, kelicikan dan tentu saja Dosa. Tetapi terlepas dari itu, Yefta dan Herodes melakukan kesalahan yang sama.

Yefta Hakim-hakim 11:30-31 :
11:30 Lalu bernazarlah Yefta kepada TUHAN, katanya: "Jika Engkau sungguh-sungguh menyerahkan bani Amon itu ke dalam tanganku,
11:31 maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku, pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan TUHAN, dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran."

Meskipun dengan kesulitan dan kehancuran hati, Yefta melalui ini semua tanpa cacat di mata Tuhan.

Herodes:
Matius 14:7:
sehingga Herodes bersumpah akan memberikan kepadanya apa saja yang dimintanya.

Herodes akhirnya menanggung Dosa dari kesalahannya dan tetap akan tercatat sebagai kejahatan di mata Tuhan.

Masih ada satu cerita lagi yang menarik, yaitu:

III. Menari untuk membuktikan kebenaran allah berujung kematian

Ini adalah cerita dari, salah satu nabi Besar yaitu Elia, salah satu nabi yang tidak merasakan kematian. Cerita ini terdapat dalam I Raja-raja 18. untuk membuktikan kebenaran allah masing. Persembahan siapa yang dilalap api dari langit, maka dial ah allah yang benar.

Para nabi2 baal bernyanyi dan menari – manari bahka melukai diri mereka sendiri dengan menyayat tubuh mereka. Tetapi tidak terjadi apa – apa dan yang di panggil tidak dating juga. Elia memanggil Allahnya dan Turun menjilat Taruhan (Persembahan) Elia dengan para nabi baal.

Karena para nabi baal gagal, Elia memerintahkan menyembelih mereka

Tarian para penyembah berhala berujung kematian mereka di tangan Nabi Elia. Tidak ada yang perlu di simpulkan lebih jauh sebab dalam cerita ini elia membuat rakyat Israel kembali kepada Allah dari pada baal

Makam Nabi Yehezkiel Dirubah Jadi Masjid


Pemerintah Irak berencana merubah makam nabi Yehezkiel menjadi Masjid dengan menghilangkan semua tulisan Ibrani dan ornament Ibrani dan yahudi lainnya.Pemerintah Iraq mengumumkan bahwa mereka akan merubah makam kuno tersebut yang terletak di Al-Kifl, kota kecil disebelah selatan Baghdad – Iraq. Pemewrintah AS mengatakan bahwa kebudayaan yahudi yang tersisa dari zaman kuno di Jazirah arab semakin ditekan dan mungkin saja hilang satu persatu.Pemerintah Irak berencana membangun masjid dan menghilangkan semua tulisan Ibrani kuno di makam Yehezkiel. Beberapa laporan juga mengatakan, beberapa tulisan dalam bahasa Ibrani yang ditulis dimakam tersebut juga telah hilang.

Nabi Yehezkiel Hidup di abad ke 6 SM, Dia termasuk didalam Orang buangan yang diangkut raja babel Nebukadnezar dari Yudea ke babel (sekarang Irak). Nubuatan nabi Yehezkiel antara lain bangkitnya Israel Modern (tulang-tulang orang Yahudi) dan juga kembalinya orang Yahudi ke tanah Israel dalam Yehezkiel 36: 22-25.

Yehezkiel 36:22-25
36:22 Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang
.36:23 Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.
36:24 Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.
36:25 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.


Ratusan orang yahudi sering mengunjungi kuburan yahudi, sebelum umat Islam dan Kristen juga sering mengunjungi situs ini.

Shelomo Alfassa, Director of Justice for Jews from Arab Countries, melaporkan bahwa “politisi Islam yang menekan pemerintahnya untuk menghapus tulisan Ibrani atau yang berbau yahudi. Dia mengutip dari berita di Irak – Ur News yang menulis bahwa beberapa ornament dari situs nabi yehezkiel ini telah di buang atau dihilangkan.”

Alfassa juga mengutip sumber dari badan antiq atau benda2 purbakala Irak (Iraq’s Antiquities and Heritage Authority) “Bahwa dengan tekanan dari plotisi dan tokoh Islam Irak untuk menghilangkan semua bukti yang menghubungkan Irak – dengan orang Yahudi. Tanah dimana yahudi pernah hidup ratusan tahun lalu sebelum kedatangan Islam ke Irak.”

Alfassa membuktikan dengan tulisan dan report dari Ur News (dalam bahasa inggris): “The officials of the Department of Antiquities and Heritage say that their restoration programme will continue until 2011 and is designed to carry out essential maintenance and prevent the dome and roof from collapsing. But their hidden purpose, sources say, is the removal of features that emphasize a historical connection with the Jews who built the shrine and lived in the city for hundreds of years after the Babylonian exile.”

Sekitar 100.000 yahudi hidup di Irak dalam beberapa decade lalu, sekarang jumlah itu menuru dan mungkin hanya 8-10 orang yahudi di Irak. Prof. Moreh mengatakan “ ada beebrapa” dia menambahkan, “tetapi mereka tidak tahu bahwa mereka adalah yahudi, dalam beberapa kasus, orang tua mereka tidak mengatakan kepada mereka bahwa mereka adalah yahudi.”

Alfassa Menyimpulkan: “Irak – dalam Injil dikenal dengan Mesopotamia – adalah satu daerah penting dalam sejarah Yahudi dimana ini adalah daerah asal mereka—sebab nabi yang dikenal sebagai bapa Orang yahudi (ABRAHAM) berasal dari daerah ini yang dalam Injil dikenal dengan nama Ur Kasdim.

Kejadian 15:7:
Lagi firman TUHAN kepadanya: "Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu."

Makam Yehezkiel menunjukan kepada kita bahwa kuburan ini dibuat pada abad ke 6 SM. Berita ini sangat memprihatinkan disaat isu agama lagi panasnya, khusus untuk Irak masih ada makam beberapa nabi lagi Yaitu: Ezra, Nehemia, Nahum, Jonah dan Nabi Besar macam Daniel juga dimakamkan disana.
sumber:artikel-kristenjhony

Reruntuhan Rumah Pada Jaman Yesus


Hari minggu, beberapa hari sebelum natal. para arkeologi menemukan Rumah yang diperkirakan pada masa kecil Yesus - di kota Nazareth dengan perkakas yang digunakan pada masa Yesus atau masa Perjanjian baru.

Diperkirakan ada sekitar 50 rumah dekat reruntuhan yang ditemukan yang ukurannya 1,6 hektar. Ini menunjukan populasi bangsa yahudi yang ingin berkamuflase dan tersembunyi dari tentara romawi pada masa itu seperti yang dikatakan arkeolog Yardena Alexandre, excavations director at the Israel Antiquities Authority.

“Reruntuhan rumah yang dibuat dari tanah liat dan kapur dan bentuknya yang sangat sederhana menunjukan bahwa ”keluarga kelas bawah yahudi’ yang hidup di rumah ini” Alexandre menambahkan. Para arkeolog harus hati – hati mengangkat reruntuhan dinding untuk mencari artifak yang menjelaskan tentang kondisi rumah dan zaman rumah itu sendiri.


Nama Nazareth mempunyai arti tersendiri dalam kekristenan, sebab dipercaya bahwa Yesus menghabiskan masa kanak-kanak dan bertumbuh dewasa di Nazareth, juga tempat dimana maria ibu Yesus mendapat kabar dari Gabriel bahwa Dia akan mengandung anak Allah.

“Ini adalah tempat yang mungkin sangat dikenali Yesus, Yesus muda mungkin bermain-main disekitar rumah yang sudah menjadi reruntuhan ini bersama saudara dan teman-teman sebaya-Nya.” Kata Alexander. Itu adalah alasan yang masuk akal tentu saja.
Dan hal yang menggembirakan sebagai kado natal sebab sangat dekat dengan perayaan natal.
“Manusia mungkin tidak dapat berkata-kata kepadaita tentang zaman lampau, tetapi batu-batu ini berbicara kepada kita” kata father jack karam sambil tersenyum ketika ditemui dekat Basilica of the Annunciation, tempat dimana maria bertemu dengan malaikat Gabriel.

Bagaimanapun, Tentara roma tidak terlalu lama berperang di kota Nazareth sebab kota kecil ini tidak terlalu strategis pada masa itu. Tentara roma lebih tertarik ke kota-kota besar pada masa itu.

Alexander juga menambahkan bahwa Gua seperti ini juga ditemukan di galilea di daerah yang dikenal dalam injil yaitu cana (Peristiwa air menjadi anggur), dimana terjadi pertempuran antara Romawi dengan bangsa yahudi.
Arkeolog juga menemukan di galilea kendi dari tanah liat yang sama juga ditemukan di Nazareth ini, yang sering di gunakan bangsa yahudi pada masa itu untuk membawa air, makanan didalamkendi tersebut.
Dengan penemuaan ini membuat kita dapat memperkirakan zaman Yesus, juga zaman akhir Hellenic, awal pemerintahan romawi dari 100 SM sampai dengan 100 M. Kata Alexander.
Tidak ada kendi dari bahan gelas atau bahan mewah hasil import dari luar menunjukan bahwa Keluarga yang hidup di sini adalah keluarga sederhana tetapi dari penemuan ini belum dapat di ketahui apakah keluraga yang mendiami rumah ini adalah pedagang atau petani, atau juga tukang kayu seperti Yusuf, ayah Yesus.

Artifak yang sudah pernah ditemukan di nazareth dari zaman yesus adalah Gua pemakaman, yang letakya di luar dusun atau Desa/kota Nazareth. Jadi penemuan ini sangat menggembirakan, juga menjawab kritikus yang mengatakan bahwa nazareth pada masa Yesus tidak di huni dan tak berpenghuni.
Dengan ditemukan reruntuhan desa di nazareth, kita dapat membayangkan bagaimana sosok Yesus yang tumbuh dewasa dari bayi sampai remaja, membantu ayahnya Yusuf, bermain-main bersama teman-teman. (BTW, kira2 pas remaja Yesus nakal ga ya ???)

“Penemuan dan penggalian pada masa sekarang sangat menggembirakan khususnya untuk orang Kristen, Bagi saya itu adalah hadiah yang besar” kata Karam.
Benar juga, sebab Gereja Kristen kuno Abad ke 3-4 Masehi juga ditemukan di Megiddo secara tidak sengaja saat sebuah penjara di renovasi.


Rumah Pada Jaman Yesus



















Gereja Kristen Kuno Abad 3-4 di Temukan

Inilah Binatang-binatang Paling Berbisa di Dunia

Liat gambar gambar diartikel ini, jangan lupa untuk mengingat wajah wajah manisnya. kamu tau ga kalo wajah-wajah binatang diatas adalah binatang yang memiliki kemampuan untuk membuat kita die alias mati, kalopun kalian menjumpai binatang diatas harap waspada-waspalah.!!!. dengan sedikit cairan yang dikeluarkan tubuhnya dapat membuat kita mengehembuskan nafas terahir...hegh...dibawah ini penjelasan sedikit tentang biografi para binatang pencabut nyawa..

Stonefish
Ikan batu yang wujudnya biasa-biasa saja, dengan panjang hanya sekitar 30 cm ini, bersembunyi di dasar laut atau di bawah terumbu karang, dirinya menyaru menjadi sebuah batu yang tidak menarik perhatian. Meski Anda berdiri di sisinya, ia akan tetap diam tidak bergerak, sehingga Anda tidak melihatnya. Jika tidak hati-hati dan menginjaknya, maka tanpa ampun lagi ia akan segera menyerang balik dan menyemburkan racunnya yang mematikan. Sebanyak 12-14 batang duri yang tajam seperti jarum di atas punggungnya itu bisa dengan mudah menembus sol sepatu Anda dan tembus ke telapak kaki, sehingga dengan cepat Anda pun keracunan, dan terus merasakan sakit yang hebat hingga Anda menemui ajal.

Kodok beracun
Kodok beracun sama dengan binatang amfibi lainnya, kulitnya banyak mengandung kelenjar, dapat mengeluarkan cairan lengket untuk membasahi kulit sekaligus melindungi dirinya. Racun yang dikeluarkannya sangat berbisa, sehingga menjadikannya sebagai salah satu binatang paling berbisa di dunia. Selain manusia, ia tidak punya musuh alami lain. Racun yang dikeluarkan dari kodok beracun di Kolumbia barat, Amerika Selatan, adalah racun paling hebat yang diketahui saat ini di dunia, hanya dengan 1/100.000 dari 1 g racunnya sudah cukup mengakibatkan satu orang mati keracunan.

Funnel Webspider
Funnel Webspider adalah suatu laba-laba yang sangat berbisa di Australia. Adalah salah satu laba-laba yang paling mematikan di dunia, beringas dan suka berkelahi, jika manusia terkena gigitannya, akan menemui ajal dalam waktu 15 menit.

Blue Ring Octopus
Blue Ring Octopus dan ubur-ubur berbentuk kotak merupakan dua jenis binatang laut yang paling berbisa. Cairan racun dalam tubuhnya dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit. Hingg asaat ini, secara medis belum ada cara menawar racunnya, Blue Ring Octopus sifatnya pemalu, suka bersembunyi di bawah batuan, malam hari baru keluar dari sarangnya dan mencari mangsa.

Kadal raksasa komodo
Kadal raksasa komodo atau disebut juga naga komodo, panjang total badannya bisa mencapi 3 meter. Namun umumnya hanya sekitar 2 meter, dalam keadaan perut kosong beratnya bisa mencapai 54 kg. Setelah makan beratnya bisa mencapai 80 kg. Racunnya terutama berasal dari bakteri di ludahnya, seorang manusia dewasa akan menemui ajalnya waktu 24 jam jika tergigit olehnya.

Red Black Spider
Red Black Spider juga merupakan salah satu laba-laba yang paling berbisa, disebut juga janda hitam. Jika tergigit olehnya, saat pertama-tama sangat sulit merasakannya, namun 5 menit kemudian luka akibat gigitannya itu baru mulai terasa panas dan sakit, jika tidak segera ditangani mungkin akan berakibat fatal.

Raja ular cobra
Ular kobra yang khusus memangsa ular sebagai hidupnya membuat sejumlah besar spesies ular lainnya ciut ketakutan, daerah kekuasaannya jangan harap bisa ditempati ular lain. Jika sang cobra dibuat terkejut, ia akan menjadi ganas, bagian depan badannya akan berdiri tegak, lidah yang panjang halus dan bercabang, kepalanya berayun dengan lincah mengikuti gerak gerik mangsanya, dan jangan harap mangsanya bisa dengan mudah meloloskan diri darinya.
Ular laut Australia

Ular laut yang hidup di samudera Australia berada di urutan kedua dalam deretan ular paling berbisa. Ular laut ini ditumbuhi dengan moncong yang besar, batang tubuhnya seperti tabung bundar, panjang, ujung belakang dan sisi ekornya pipih. Sifat racunnya bahkan lebih ganas dari kobra, jika terkena gigitannya, akan menemu ajal dalam waktu 10 menit. Ular laut ini hidup di sebuah daerah perairan yang sama dengan ubur-ubur kotak.

Box jelly Fish
Disebut juga tawon laut, tergolong binatang rongga (coelenterata), hidup di daerah perairan lepas pantai timur laut, Australia. Ia kerap muncul di daerah perairan laut dangkal pantai laut Queensland, dan dianggap sebagai makhluk yang paling beracun bagi manusia yang sudah diketahui di dunia saat ini. Jika tergigit akan menemui ajal dalam hitungan detik. PS : Jangan melihat bentuk luarnya, makhluk ini adalah makhluk paling beracun sedunia.

Jelajah Ruangan Kantor MTV di Estonia

Foto-foto ini dari kantor MTV di Estonia. Ini adalah ruang kantor untuk operasi Baltik MTV regional. Tempat ini sangat bersemangat dan penuh energi, tidak seperti tempat kerja biasanya. Tidak memiliki banyak bilik dan ruang kerja yang klasik. Jika Anda perhatikan dengan seksama, hampir semua kursi yang berbeda satu sama lain.

Seluruh tempat benar-benar memberikan suasana seperti kerja dirumah..










Tulisan Kuno Dari Masa Raja Daud

Suatu penemuan yang menarik menyangkut Kitab perjanjian lama dalam dalam bahasa Ibrani, di mana kitab2 perjanjian lama di tulis oleh para nabi. Professor Gershon Galil of the Department of Biblical Studies at the University of Haifa mengatakan bahwa artifak dari bahan tembikar tanah liat tersebut berasal dari abad ke 10 SM, (periode di mana Raja Daud berkuasa), dan dibuktikan lewat tulisan kuno ini, inilah contoh tulisan Bahasa Ibrani awal yang di tulis ke tembikar tanah liat tersebut.
Tentu saja penemuan yang terus dan menarik akhir2 ini sangat menguatkan injil yang ditulis ratusan dan bahkan ribuan tahun lalu dan tentu saja mengatakan kepada Dunia, bahwa kerajaan Israel sudah ada abad ke 10 SM.


Inskripsi ini di tulis dengan tinta pada sebuah bahan tembikar dengan ukuran 15x16.5 cm berbentuk trapezoida, yang telah digali satu setengah tahun sebelumnya oleh professor Yosef Garfinkel dekat Lembah Elah, sebelah selatan Yerusalem atau sebelah barat Hebron.

Penemuan artifak ini membawa kita kembali ke abad 10 SM, periode di mana raja Daud berkuasa, tetapi pertanyaan mengenai bahasa yang digunakan belum terjawab, dan sepertinya mustahil untuk di ketahui apakah bahasa yang ditulis adalah bahasa Ibrani atau jenis bahasa semitic lannya.

Sampai Professor Galil mengartikan tulisan kuno sebagai tulisan Ibrani yang otentik yang menggunakan bentuk Verbs Particular dari bahasa Ibrani dan mengandung content spesifik mengenai Kultur Ibrani yang tidak teradopsi atau terpengaruh kultur atau budaya lain pada masa itu.
“ Text ini berisi penyataan sosial, Hubungannya dengan Budak, janda dan anak yatim. Dan menggunakan bentuk verb dalam karakter bahasa ibrani yang digunakan, misalnya ”asah: dalam bahasa Ibrani (bahasa inggris : ”did”) dan ”avad” (bahasa inggris: ”worked”) Yang sudah jarang digunakan dalam bahasa Ibrani sekarang. Misalnya untuk kata dalam bahasa Ibrani ”Almana” (Inggris: widow/Indonesia: janda) adalah kata Ibrani yang jarang digunakan dalam bahasa ibrani sekarang. Dan tulisan itu sendiri sangat asing atau un-familiar untuk semua kultur dari bangsa Ibrani masa itu.

Galil menambahkan bahwa penemuan inskripsi ini akan menjadi tulisan kuno ibrani yang pernah ditemukan, dan membuktikan bahwa kemampuan menulis bangsa Ibrani sudah ada sejak abad ke 10 SM.

Galil juga menambahkan bahwa penemuan ini juga membuktikan bahwa kota Yudea tempat dimana inskripsi itu dibuat, dapat di asumsikan bahwa mereka yang menghuni wilayah tengah dan Yerusalem adalah orang-orang yang mahir dalam menulis. ”Dan menjadi alasan yang masuk akal selama abad ke 10 SM, selama masa raja Daud, dan menunjukan bahwa di Israel masa itu ada yang mampu menulis sastra dan historiographies kompleks seperti kitab Hakim-hakim dan Samuel.” Galil menambahkan bahwa dari bahasa yang digunakan dengan kompleks juga mengungkapkan dan membantah teori-teori yang berusaha menyangkal tentang keberadaan kerajaan Israel pada masa itu.

Isi dari text menunjukan kehidupan masyarakat yang sensitif dalam posisi lemah dan rapuh, dalam kehidupan sosial dan inskripsi ini juga menunjukan hubungan bangsa asing dan kehidupan Israel pada masa lampau. Dan prasasti atau artifak ini juga mendorong Raja untuk memperhatikan yatim piatu dan janda di Israel – atau penguasa yang pada masa itu mempunyai tanggung jawab membatasi kesenjangan sosial – Untuk terlibat dalam seruan ini untuk membangung Israel. Inskripsi seperti yang diceritakan dalam injil atau dengan kata lain Inskripsi ini menguatkan perkataan injil dalam:

Yesaya 1:17
belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda!

Mazmur 72:3
Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran!

Dan Galil menambahkan bahwa tulisan ini menguatkan kitab-kitab dalam Perjanjial lama..

Sodom dan Gomora, Adalah Kota Yang Hilang

Sodom dan gomorah adalah salah satu kota yang terkenal dalam Alkitab karena kejahatan penduduk kotanya. Sehingga bangkitlah Murka Allah terhadap kota ini. Cerita tentang Sodom dan Gomarah terdapat dalam Kejadian 19. tetapi dimana posisi pasti dari kota ini dan apakah kota ini masih tetap ada sampai sekarang ? Itu yang ingin kita ketahui.

Kota Sodom di Hanguskan Allah

Keterangan Injil mengatakan bahwa posisi Sodom dan Gomarah dekat dengan laut mati. Ketika Abraham dan sepupunya melewatinya dalam kejadian 13:8-13 dan akhirnya Abraham dan lot berpisah.

Kejadian 13:8-13
13:8Maka berkatalah Abram kepada Lot: "Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.
13:9Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri."
13:10Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. --Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. –
13:11Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.
13:12Abram menetap di tanah Kanaan, tetapi Lot menetap di kota-kota Lembah Yordan dan berkemah di dekat Sodom.
13:13Adapun orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap TUHAN.
Lot memilih lembah Jordan dekat zoar, dan juga dekat dengan kota Sodom, dimana kota2 dilembah Jordan pada masa itu adalah Sodom, Gomora, Zoar, Zeboim dan admah, dimana mereka berkoalisi untuk berperang melawan Raja dari Mesopotamia dengan pasukannya di Lembah Siddim (di laut garam), yang tidak lain adalah laut mati.


Petunjuk lainnya ditemukan dalam Kejadian 10 :19:
Daerah orang Kanaan adalah dari Sidon ke arah Gerar sampai ke Gaza, ke arah Sodom, Gomora, Adma dan Zeboim sampai ke Lasa.
Dengan posisi mereka di dekat lau mati. Tetapi penelitian terhadap kota Sodom dan gomara telah lama di lakukan di sekitar laut mati di mana injil mengatakan tentang lokasi mereka selalu tanpa hasil.
Sejarah lain di catat oleh sejrahwan abad ke 6 Josephus, mencatat sebuah kota yaitu Zoar (kota tetangga Sodom dan gomora).

Tetapi penelitian ini mendapat jambatan di mana Laut mati pada zaman Abraham tidak setinggi sekarang. Ketika ketinggian air di laut mati lebih rendah. Seluru daerah selatan adalah daerah subur karena di aliri air dari dataran tinggi Moab.


Akhir 1970, dimana ketinggian air di laut mati menyusut akibat eksploitasi indutri terhadap kandungan garam, arkeologi mendapat keuntungan untuk mengeksploitasi daerah sekitar lembah tersebut dan mencari tahu dimana lokasi kota Sodom dan Gomora ini. Tetapi tetap tidak di temukan bekas kota di dekat lau mati tersebut.
Selama penelitian juga di ketahui bahwa empat koya sudah tidak di huni lagi dan di tinggalkan antara tahun 3300 SM – 2000 SM, di mana akhir dari periode Abraham dan Lot.
Sebuah ekspedisi juga di pimpin oleh Arkeolog Thomas Schaub dari Indiana University of Pennsylvania dan Walter Rast dari Valparaiso University, menggali dua kota besar yakni Bab edh-Dhra dan Numeira dan mengetahui bahwa kedua kota ini telah hansur pada masasa yang sama yakni tahun 2350 SM.

Penggalian untuk mencari tahu keberadaan Sodom dan gomora

Pendapat lain yang dikatakan oleh Dr. Steven Collins dari Trinity Southwest University, yang berpendapat bahwa Lot tertarik pada lembah atau dataran untuk ternak. Kejadian 13:8-13.

Kejadian 13:8-13
13:8Maka berkatalah Abram kepada Lot: "Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.
13:9Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri."
13:10Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. --Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. –
13:11Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah.
13:12Abram menetap di tanah Kanaan, tetapi Lot menetap di kota-kota Lembah Yordan dan berkemah di dekat Sodom.
13:13Adapun orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap TUHAN

Sehingga posisinya berada antara oertemuan laut mati dan sungai Jordan. Alasan perta.a, menurut Dr Collins dari kejadian 13, Abraham dan lot berpisah dan sebagai pemisah adalah sekita kota Ai dan betel. Di sebelah utara laut mati dan sebelah selatan dari lembah Jordan (southern Jordan valley) dan bukan di bagian selatan sungai Jordan. Alasan kedua, bahwa daerah yang dipilih lot adalah daerah melingkar dari Jordan yang mengakibat Dr Collins menunjuk daerah Selatan lembah Jordan yang adalah sebelah utara laut mati.


Sekali lagi Collins percaya setelah melihat ada dataran tinggi ke arah lembah. Di mana kota tell el Hammam adalah gundukan tanah tersebut, adalah salah satu kota besar yang dikuasai pada zaman Bynzantine. Di mana pada awal zaman perunggu (Bab edh-Dhra dan Numeira), collins percaya diantara tahun (2000-1550 SM) dengan Sodom dan Gomora di kenal oleh abaraham dan Lot.

timbunan yang di perkirakan salah satu kota Purba dekat Sodom dan Gomora menurut injil

Dan di daerah sekitar Collins menemukan daear se tinggi 3 Feet, apakah ini adalah residu dari kemarahan Alalh yang menghukum Sodom dan Gomora? Bagaimana pun Collins berharap dengan terus mencari bukti di penggalian2 yang akan datang.