Pages

Sejarah Nama Makasar di Afrika Selatan

Makassar yang selama ini kita kenal ada di Sulawesi Selatan, tapi ternyata ada Macassar Afrika Selatan. Secara sengaja Saya menemukan referensi tentang Macassar yang ada Afrika Selatan itu ketika searching tentang Syekh Yusuf Al Makassari, perintis pendiri dan tonggak sejarah penyemaian Islam di benua hitam, Afrika Selatan tempat perhelatan Piala Dunia 2010 digelar. Di Macassar, ada sebuah tempat yang dinamakan “The Kramat”. The Holy Resting Place of Sheikh Yusuf Al Makassari, semacam kampung atau perkampungan Makassar (dibaca dalam bahasa Indonesia) di Afrika Selatan.
Kramat Macassar Tempat Makam Syekh Yusuf Al Makassari 
“Here at this peaceful place on the hill overlooking Macassar, we come to honour the founder of Islam in South Africa”.
Demikian pendapat dari pendirian dan pemilik website macassar.co.za,  sebuah pengakuan tulus atas penghargaan yang tinggi kepada Syekh Yusuf Al Makassari. Konon, di Macassar, Syekh Yusuf dimakamkan, sementara di Makassar Sulawesi Selatan juga ada Makam Syeh Yusuf Al Makassari.


Sejarawan Prof Anhar Gonggong bahkan pernah menyatakan bahwa Makam Syekh Yusuf Al Makassari  sebenarnya ada di Lakiung, daerah perbatasan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Sayang, pada saat Terbang Ke Makassar, Saya tidak sempat berziarah ke makam Syekh Yusuf dan tidak sempat bertemu dengan Pancallok yang blognya terus kebanjiran trafik.