Pages

Lebah Terbesar di Dunia Berasal Dari Indonesia

Namanyah Megachile Pluto. Lebah inih adalah lebah yang sangat besar dan ASLI terdapat di Indonesia. Lebah ini menggunakan resin untuk membuat kompartemen di sarangnya.
Betinanya dapat tumbuh sebesar 3,9 cm dengan panjang lebar sayap 6,33 cm, sedangkan pejantannya hanya tumbuh sekitar 2,3 cm.
Megachile Pluto dianggap sebagai lebah terbesar di dunia, dan disebut juga sebagai Wallace’s Giant Bee, sesuai dengan nama penemunya.
Megachile Pluto pertama kali ditemukan pada tahun 1859 oleh naturalis Alfred Russel Wallace, di Indonesia.

Lokasi penyebaran Megachile Pluto
Kemudian dianggap punah, sampai ditemukan kembali di tahun 1981 oleh Adam C. Messer, seorang entomologi Amerika, yang menemukan enam sarang di pulau Bacan dan pulau-pulau terdekat lainnya.
Lebah besar ini, membangun sarang mereka di dalam sarang rayap aktif, membuat para penduduk pulau tidak mengetahui keberadaan lebah tersebut.
Satu demi satu kekayaan yang ada di alam Indonesia ditemukan, sehingga memberi pelajaran yang berarti bagi semua anak bangsa Indonesia, bahwa kekayaan alam yang ada di bumi manusia Indonesia, harus tetap terjaga dan terawat dengan baik. Dan itu bukan pekerjaan mudah tentunya, dan itulah tantangannya.
mpartemen di sarangnya.